Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS: Terlalu Dini Simpulkan ISIS Ada di Amerika

Kompas.com - 06/05/2015, 10:27 WIB
KOMPAS.com — ISIS hari Selasa (5/5/2015) mengklaim bahwa kelompok militan tersebut berada di balik serangan di Garland, negara bagian Texas, pada Minggu waktu setempat.

Kata mereka, “dua tentara kekhalifahan” melakukan penembakan di Garland, di luar kota Dallas. ISIS mengatakan, ini baru serangan pertama di wilayah Amerika dan situasinya bisa lebih buruk lagi.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan, pemerintah ingin memperoleh lebih banyak informasi dulu. “Ada banyak ekstremis di seluruh dunia, termasuk yang terkait ISIS, yang ingin meraup keuntungan dari media sosial untuk berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia, termasuk di dalam Amerika,” kata Earnest.

Polisi mengatakan, Elton Simpson dan Nadir Soofi melepaskan tembakan ke sebuah gedung konferensi sehingga mencederai seorang satpam, sebelum mereka ditembak mati polisi.

Dokumen pengadilan menunjukkan Simpson sudah diawasi sejak tahun 2006. Tahun 2010, Simpson juga dinyatakan bersalah berbohong kepada pihak berwenang mengenai niatnya bergabung dengan militan di Somalia.

Kontes menggambar Nabi Muhammad itu diselenggarakan oleh kelompok American Freedom Defense Initiative. Gambar terbaik mendapat hadiah 10.000 dollar AS.

Menggambar Nabi Muhammad sering dianggap sebagai penghujatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com