Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Izinkan Layanan Feri Pertama ke Kuba Setelah 50 Tahun

Kompas.com - 06/05/2015, 09:04 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS), Selasa (5/5/2015) waktu setempat, mengotorisasi layanan feri komersial ke Kuba untuk pertama kalinya dalam lebih dari setengah abad. Itu merupakan sebuah langkah besar yang lain dalam meningkatkan hubungan antar kedua negara.

Operator feri memuji langkah itu sebagai sebuah "peristiwa bersejarah".

Departemen Keuangan AS mencabut larangan yang telah berlaku puluhan tahun dan setidaknya empat perusahaan Florida mengatakan bahwa mereka sudah memiliki izin untuk meluncurkan layanan kapal ke Kuba.

Perkembangan terbaru itu menambah layanan pesawat charter yang telah diizinkan hingga sekarang, yang difokuskan untuk memungkinkan warga Amerika keturuan Kuba mengunjungi keluarga mereka.

Feri-feri itu juga akan diizinkan untuk membawa kargo ke negara komunis berpenduduk 11 juta jiwa itu, yang terletak hanya 150 kilometer dari ujung selatan Florida.

Empat perusahaan memastikan bahwa mereka telah mendapat izin dari Kantor Kontrol Aset Luar Negeri Departemen Keuangan untuk menyediakan layanan perjalanan feri. "Aksi hari ini merupakan langkah besar ke depan," kata Joseph Hinson, Presiden United Americas Shipping Services yang berbasis di Miami, kepada AFP.

Havana Ferry Partners of Fort Lauderdale di Florida mengatakan di halaman Facebook-nya bahwa pihaknya juga telah menerima lisensi Departemen Keuangan untuk jasa pelayanan feri dari pelabuhan Florida. "Ini merupakan peristiwa bersejarah. Terima kasih kepada Presiden Barack Obama, kepada siapa kami sangat berterima kasih, atas kepemimpinannya," tulis perusahaan itu.

Dua perusahaan lain, United Caribbean Lines dan Airline Brokers, sebuah agen perjalanan, mengatakan bahwa mereka juga mendapat lisensi.

Namun Hinson menyatakan, perjalanan pertama masih akan butuh waktu, karena sejumlah izin lainnya masih dibutuhkan dari pihak berwenang di kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com