Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Dituding Bantu AS Mematai-matai Austria

Kompas.com - 06/05/2015, 07:44 WIB
KOMPAS.com - Austria mengajukan pengaduan menyusul laporan-laporan bahwa Jerman membantu Amerika Serikat mematai-matai pemerintah dan perusahaan-perusahaan Austria.

Langkah hukum Austria disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri, Johanna Mikl-Leitner, yang juga mengatakan Austria menuntut klarifikasi. Namun ia tidak menyebut nama lembaga atau pihak yang diadukan.

Menurut Johanna Mikl-Leitner, aktivitas spionase merugikan Austria sehingga pihaknya menempuh upaya hukum.

Dengan pengaduan ini maka terbuka pintu bagi jaksa penuntut untuk memulai penyelidikan resmi, seperti dilaporkan oleh wartawan BBC di Wina, Bethany Bell.

Disebutkan badan intelijen nasional Jerman atau BND mematai-matai sejumlah negara di Eropa untuk Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat.

Surat kabar Jerman, Bild am Sonntag, melaporkan BND menggunakan stasiun pemantauan di Bad Aibling, Bavaria untuk melakukan penyelidikan secara rahasia terhadap badan-badan federal Austria.

Sementara itu bocoran laporan internal BND mengisyaratkan bahwa sasaran-sasaran mata-mata juga meliputi istana presiden Perancis, Kementerian Luar Negeri Perancis dan  Komisi Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com