Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Beli 24 Jet Tempur Rafale dari Perancis

Kompas.com - 04/05/2015, 17:39 WIB
DOHA, KOMPAS.com — Pemerintah Qatar, Senin (4/5/2015), menandatangani kesepakatan bernilai miliaran dollar AS dengan perusahaan pertahanan Perancis, Dassault, untuk membeli 24 jet tempur Rafale.

Kesepakatan itu ditandatangani CEO Dassault Eric Trappier dan Jenderal Ahmed al-Maliki, yang bertanggung jawab atas negosiasi bernilai 7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 91 triliun itu.

Dalam upacara penandatanganan kesepakatan itu, Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan, Qatar telah membuat "pilihan yang bagus" dalam hal pembelian pesawat tempur.

Menteri Pertahanan Qatar Hamin bin Ali al-Attiyah dan rekannya dari Perancis, Jean-Yves Le Drian, juga menandatangani kesepakatan terpisah. Dalam kesepakatan itu, Perancis akan melatih 36 pilot Qatar dan 100 teknisi yang nantinya akan menerbangkan dan merawat ke-24 jet Rafale itu.

"Kesepakatan ini merupakan kesuksesan bagi Dassault dan hasil kerja keras tim kami," ujar CEO Dassault Eric Trappier.

Setelah selama bertahun-tahun gagal menjual satu pun jet Rafale ke luar negeri, Dassault belakangan mencetak serangkaian kesuksesan penjualan, antara lain dengan Mesir, India, dan yang terbaru, Qatar.

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius belum lama ini mengatakan, pembicaraan dengan Pemerintah Uni Emirat Arab terkait rencana pembelian pesawat ini juga menuju "ke arah yang benar".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com