Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Jerman Kurangi Makan Sosis karena Khawatir akan Kesehatan

Kompas.com - 30/04/2015, 18:35 WIB
KOMPAS.com — Rakyat Jerman, yang dikenal dengan kecintaan mereka akan sosis, mengurangi makan daging dan lebih banyak mengonsumsi makanan vegetarian karena kekhawatiran yang meningkat akan kesehatan, kesejahteraan hewan, dan dampak negatif peternakan untuk lingkungan.

Konsumsi daging stabil atau menurun di mayoritas negara maju. Namun, pergeseran ini terutama menonjol di Jerman, produsen daging babi terbesar di Eropa dan tempat asal 1.500 ragam sosis, termasuk yang difavoritkan di Berlin, yakni curry-wurst.

Perubahan kebiasaan terkait makanan ini stabil, tetapi bukan ke arah spektakuler. Industri makanan menghadapi fakta bahwa sosis, dan daging secara umum, tidak akan lagi menempati posisi terhormat dalam budaya nasional Jerman.

Partai Greens memicu kehebohan pada 2013 dengan meminta kantin-kantin pekerja sektor publik untuk menyediakan hanya makanan vegetarian seminggu sekali. Selain itu, meski minoritas Muslim yang jumlahnya besar menghindari daging babi, daging-daging lain, seperti kambing, tetap populer di kalangan mereka.

Meski demikian, konsumsi daging secara keseluruhan jatuh tahun lalu menjadi 60,1 kilogram per orang dari 62,8 kilogram pada 2011. Meski masih di atas rata-rata global, jumlah itu setengah dari yang dimakan rata-rata orang Amerika.

Tren ini sepertinya akan berlanjut di negara yang memiliki jumlah komunitas vegetarian yang kecil, tetapi meningkat. Perusahaan data pasar, Euromonitor, memperkirakan bahwa konsumsi daging segar Jerman akan jatuh 2,9 persen pada 2019, setelah turun 1,2 persen pada 2014, rekor tertinggi di dunia selain di Yunani, yang kini sedang tertimpa resesi.

"Orang-orang lelah dengan banyaknya skandal. Selain itu, ada ketertarikan besar mengenai bagaimana binatang diperlakukan, dan apa dampak konsumsi pribadi terhadap dunia," ujar Christina Chemnitz, ahli pertanian di Heinrich Boell Institute, lembaga pemikiran yang berafiliasi dengan Partai Greens di Jerman.

Kekhawatiran warga Jerman meluas, dari soal antibiotik dalam daging, dampak kesejahteraan dari peternakan pabrik skala besar, sampai penebangan hutan hujan untuk membuka lahan perkebunan yang bukan untuk manusia, melainkan untuk pakan ternak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com