Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Mendaki Everest, 4 Dokter Asal Indonesia Jadi Relawan Gempa

Kompas.com - 30/04/2015, 16:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Empat dokter asal Indonesia yang tengah mengunjungi Nepal untuk mendaki Gunung Everest memutuskan untuk tetap tinggal dan bergabung dengan tim relawan. Mereka menangani korban gempa 7,9 SR yang mengguncang negara tersebut, Sabtu (25/4/2015) lalu.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal, Rabu (29/4/2015), mengatakan, keempat dokter WNI tersebut adalah dr Meinardi Mastur, dr Ahmad Novel, dr Prabudi, dan dr Eko Prasetyo.

Menurut Iqbal, konfirmasi tersebut telah disampaikan kepada Duta Besar Indonesia di Dhaka, Banglades, Iwan Winataatmadja, yang merangkap sebagai Duta Besar untuk Nepal.

Iqbal mengatakan, saat ini terdapat 76 WNI yang berada di Nepal, terdiri dari 19 orang yang menetap dan 57 pengunjung.

Tim kemanusiaan dan evakuasi WNI Kementerian Luar Negeri berangkat ke Nepal pada Rabu sore menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737 dengan misi utama mengangkut WNI yang ingin pulang.

Tim kemanusiaan lainnya dikirim dengan membawa bantuan Pemerintah Indonesia bagi korban gempa Nepal.

Tim memiliki waktu misi maksimal tujuh hari yang kemudian akan disusul tim kedua dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (A Fitriyanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com