Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Arab Saudi Coret Pangeran Moqren sebagai Putra Mahkota

Kompas.com - 29/04/2015, 10:19 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Raja Arab Saudi Salman, Rabu (29/4/2015), mencoret nama Pangeran Moqren bin Abdul Aziz sebagai ahli waris takhta dan menggantinya dengan Mohammed bin Nayef, yang saat ini menjabat menteri dalam negeri, lewat sebuah dekrit.

"Kami memutuskan untuk merespons perintah Yang Mulia dan apa yang beliau inginkan terkait pergantian nama ahli waris takhta," demikian pernyataan pengadilan Kerajaan Saudi yang dikutip kantor berita SPA.

SPA menambahkan, selain dicoret sebagai ahli waris takhta, Moqren bin Abdul Aziz juga diberhentikan dari jabatannya saat ini, yaitu wakil perdana menteri.

Dekrit yang diterbitkan Raja Salman itu menyebutkan Pangeran Mohammed bin Nayef ditetapkan sebagai putra mahkota sekaligus wakil perdana menteri. Dekrit itu menambahkan Nayef juga tetap memegang jabatannya sebagai menteri dalam negeri serta kedua dewan politik dan keamanan negara.

Pencoretan nama Moqren membuat semua petinggi pada era pemerintahan mendiang Raja Abdullah yang meninggal dunia pada 23 Januari lalu tersingkir pada masa pemerintahan Raja Salman.

Moqren bin Abdul Aziz (69) seharusnya bisa menjadi putra terakhir pendiri Kerajaan Arab Saudi, Abdul Aziz bin Saud, yang memerintah negeri itu.

Sementara itu, dengan penunjukannya, Mohammed bin Nayef menjadi orang pertama di generasi kedua atau cucu Abdul Aziz bin Saud, yang berada di garis ahli waris takhta negeri pengekspor minyak mentah terbesar di dunia.

Penunjukan Mohammed bin Nayef juga semakin memperkuat kendali keluarga Salman di kerajaan itu. Padahal, selama Abdullah berkuasa, pengaruh keluarga Salman nyaris tak terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com