Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkrut, Bandara di Spanyol Dijual Seharga Rp 20.000

Kompas.com - 28/04/2015, 13:59 WIB
MADRID, KOMPAS.com — Sebuah bandara di Spanyol dibangun pada 2009 dengan biaya lebih dari 1 miliar euro atau lebih dari Rp 14 triliun. Namun, akibat keruntuhan ekonomi negeri Matador itu, bandara itu terpaksa ditutup pada 2012 saat perusahaan induknya bangkrut.

Hakim yang mengurus masalah Bandara Ciudad Real, yang terletak di sebelah selatan Madrid tersebut, saat itu memutuskan bandara tersebut harus dijual dengan harga 100 juta euro atau setara dengan Rp 1,4 triliun.

Sayangnya, hingga hari ini, belum ada satu pun pihak yang melayangkan tawaran untuk membeli bandara tersebut sehingga kini tak ada harga penawaran terendah untuk bandara tersebut.

Bahkan, kini tawaran sebesar 1 poundsterling atau sekitar Rp 20.000 akan diterima. Namun, jika seseorang atau sebuah perusahaan mau membeli bandara itu, pemilik baru harus membayar semua utang bandara ini.

Awalnya, bandara seluas 28.000 meter persegi itu dibangun untuk melayani lima juta penumpang per tahun. Bandara ini juga awalnya direncanakan untuk mengurangi beban bandara internasional Barajas, Madrid.

Bahkan, kini landas pacu bandara sepanjang 4.000 meter tersebut diberi lambang silang besar berwarna kuning sehingga pilot yang kebetulan terbang di atas bandara ini tahu mereka tak boleh mendarat di bandara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com