Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Inggris Raya, Tes HIV Dapat Dilakukan Sendiri

Kompas.com - 28/04/2015, 01:21 WIB

KOMPAS.com - Perangkat tes HIV mandiri untuk pertama kalinya diizinkan dipakai di Inggris, Skotlandia dan Wales. Alat ini memungkinkan seseorang melakukan tes di rumah dan mendapat hasilnya dalam 15 menit.

Berbeda dengan perangkat lain, hasil tes tidak perlu dikirim ke laboratorium. Alat ini bekerja dengan mengidentifikasi setetes kecil darah, yang seringkali baru diketahui tiga bulan setelah infeksi terjadi.

Para ahli memperingatkan hasil tes positif harus dipastikan klinik, lapor wartawan BBC Smitha Mundasad.

Organisasi kemanusiaan berharap alat ini akan mengurangi sebagian dari 26.000 orang di Inggris yang belum diketahui status HIV-nya

Sama dengan tes kehamilan

Diagnosa dini dipandang memungkinkan seseorang segera mendapat perawatan dan dapat mencegah komplikasi serius. Orang-orang yang berhasil dirawat dipandang lebih kecil kemungkinan menularkan infeksi.

Tes yang "Anda lakukan sendiri" ini dibuat perusahaan Bio Sure UK dan bisa dibeli online.

Alat ini bekerja dengan cara yang sama dengan tes kehamilan dengan mengukur tingkat antibodi -protein yang dibuat sebagai reaksi terhadap virus- dalam darah seseorang.

Perangkat ini menganalisa tetesan kecil darah dari ujung jari. Dua garis berwarna ungu akan muncul jika seseorang HIV positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com