Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 3 Tahun, Remaja China Gendong Kawannya yang Lumpuh ke Sekolah

Kompas.com - 27/04/2015, 21:05 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Seorang pelajar didaulat sebagai "pelajar paling baik di China" setelah selama tiga tahun terakhir menggendong teman sekelasnya yang lumpuh ke sekolah.

Kisah Xie Xu (18), yang secara sukarela membantu kawan sekelasnya, Zhang Chi (19), menyebar luas di media sosial China dan mendapat sorotan luas dari media setempat.

Wakil kepala SMA Daxu di Xuzhou, provinsi Jiangsu, tempat kedua remaja itu bersekolah, Guo Chunxi, menggambarkan kisah ini sebagai sebuah kisah yang menginspirasi dan sangat menyentuh.

Guo mengatakan, Xie memberikan contoh nyata saat dia membantu Zhang, yang menderita muscular dystrophy, sebuah kondisi yang membuat otot-otot tubuh seseorang perlahan-lahan melemah.

"Mereka tidak punya hubungan keluarga dan bukan kerabat. Namun, Xie secara sukarela sudah melakukan ini selama tiga tahun terakhir," ujar Guo.

"Dia (Xie) adalah pelajar terbaik. Dia memberikan pengaruh positif terhadap para pelajar lainnya, yang juga akhirnya ikut membantu Zhang. Dengan bantuan kawan-kawannya ini, Zhang tak pernah tak masuk sekolah," ujar Guo.

Foto kedua kawan ini berangkat ke sekolah menyebar di media sosial China, Weibo, dan menuai banyak pesan dukungan dari masyarakat. Sayangnya, Xie dan Zhang tak lama lagi akan berpisah.

Menurut media setempat, Xie sudah mendaftar untuk melanjutkan studi ke Institut Politeknik Nanjing, dan Xie sudah melakukan wawancara dengan pihak politeknik pada 23 April lalu.

Dalam waktu satu bulan, Zhang juga akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Jika sama-sama lulus, maka mereka akan berpisah. Di tengah penilaian bahwa kisah ini sangat menginspirasi banyak orang, muncul pertanyaan bagaimana nasib Zhang saat berpisah dengan kawan karibnya, Xie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com