Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto-foto Longsor di Gunung Everest akibat Gempa 7,9 SR

Kompas.com - 26/04/2015, 04:03 WIB


KATHMANDU, KOMPAS.com
- Kekuatan gempa 7,9 Skala Richter (SR), Sabtu (25/4/2015) yang berpusat di Nepal, merambat hingga Puncak Everest. Getarannya menyebabkan salju longsor di base camp para pendaki sehingga menimbulkan kepanikan.

Tenda-tenda para pendaki tampak tidak beraturan akibat terkenda dampak longsoran. Laporan terakhir yang dilansir CNN-IBN, 18 orang pendaki ditemukan tewas. Namun, sampai saat ini jumlah korban belum dapat dipastikan karena proses evakuasi dan pencarian masih terus dilakukan.

Salah satu pendaki, Aziz Afif mendokumentasikan situasi di base camp pendakian Everest setelah diguncang gempa. Aziz bersama empat pendaki lainnya dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) selamat.

Detik-detik terjadinya longsor sempat dikabarkan dua pendaki lewat akun Twitter. Pendaki asal Romania Alex Gavan menyatakan, longsor yang hebat terjadi padahal di base camp sedang banyak pendaki. Bulan April memang musim pendakian favorit sebelum hujan dan badai mulai sering menghadang di akhir Mei.

Gempa 7,9 SR melanda Nepal dan India bagian utara, Sabtu (25/4/2015) sekitar pukul 13.11 WIB. Sampai saat ini korban tewas akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk mencapai lebih dari 1.000 orang.

Azim Afif via AP Tenda para pendaki tak beraturan setelah terkena longsor akibat dampak gempa 7,9 Skala Richter (SR) yang berpusat di Nepal, Sabtu (25/4/2015).

 

Azim Afif via AP Para pendaki di base camp Everest menyelamatkan diri dari longsor yang terjadi akibat gempa 7,9 SR berpusat di Nepal, Sabtu (25/4/2015).

 

Azim Afif via AP Para pendaki melakukan evakuasi dan pencarian korban longsor di base camp Everest setelah diguncang gempa 7,9 SR yang berpusat di Nepal, Sabtu (25/4/2015).

 

Azim Afif via AP Foto yang dikirim Azim Afif, salah satu dari lima pendaki asal Universiti Teknologi Malaysia (UTM), menunjukkan kerusakan di base camp Everest setelah guncangan gempa 7,9 SR yang berpusat di Nepal, Sabtu (25/4/2015).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com