Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 180 Jenazah Ditemukan di Reruntuhan Menara Dharahara

Kompas.com - 25/04/2015, 21:51 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

Sumber CNN
KATHMANDU, KOMPAS.com - Menara Dharahara yang terletak di Ibu Kota Kathmandu berubah menjadi kuburan bagi ratusan pengunjung yang ingin mengagumi indahnya lembah Kathmandu.

Hingga Sabtu (25/4/2015), setidaknya ditemukan 180 jenazah telah ditemukan di Menara bersejarah yang roboh akibat gempa dahsyat berkekuatan 7,9 SR yang menggoyang Nepal.

Kepolisian menyatakan puluhan orang diyakini masih terjebak di dalam objek wisata terkenal dengan tinggi 50.5 meter itu. Pekerja penyelamat terus melakukan proses pencarian bahkan beberapa menggunakan tangan mereka untuk menggali melalui serpihan menara dan debu menggunung.

Menara Dharahara adalah merupakan salah satu landmark bersejarah Kathmandu yang diakui UNESCO. Menara ini dibangun tahun 1832 oleh Perdana Menteri Bhimsen Tapa sehingga terkadang juga disebut Menara Bhimsen.

Menara ini sempat roboh akibat gempa dashyat di tahun 1934 dan kemudian dibangun ulang sebelum kembali roboh hari ini. Di lantai 8, terdapat balkon khusus bagi pengunjung untuk melihat panorama indahnya Lembah Kathmandu.

Menara ini memiliki tangga berbentuk spiral dengan 213 langkah kaki untuk mencapai puncak. Tiang setinggi 5,2 meter dengan statu kecil Dewa Shiva yang dilapisi perunggu menghiasi puncak objek wisata yang dibuka untuk umum sejak tahun 2005 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com