Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto-foto Dampak Gempa 7,9 SR di Nepal

Kompas.com - 25/04/2015, 18:50 WIB


KATHMANDU, KOMPAS.com
 — Nepal dan India bagian utara diguncang gempa bumi dengan kekuatan yang dahsyat. Akibatnya, banyak bangunan ambruk dan ratusan penduduk tewas.

Berdasarkan catatan Badan Survei Geologi AS (USGS), gempa tersebut berkekuatan 7,9 skala richter (SR). Pusat gempa berada di dekat ibu kota Nepal, Kathmandu, dan kota Pokhara, pada kedalaman 15 kilometer.

Sampai saat ini, jumlah korban tewas masih terus bertambah. Sesaat setelah gempa mengguncang, dilaporkan dua orang tewas. Tak lama kemudian, Kementerian Dalam Negeri Nepal merilis pernyataan tak kurang dari 144 tewas, sementara kepolisian Nepal melaporkan korban tewas mencapai 449 orang.

Getaran gempa juga menyebabkan menara bersejarah Dharahara roboh. Padahal, ada sekitar 400 orang yang diperkirakan tengah berkunjung di sana.

Gempa juga menyebabkan kepanikan para pendaki Puncak Everest. Gempa dilaporkan telah menimbulkan longsoran hebat sehingga merusak area base camp yang sedang disesaki pendaki. Sejauh ini, tak ada laporan korban jiwa, tetapi beberapa pendaki terjebak.

AP Photo/ Niranjan Shrestha Warga bahu-membahu menyingkirkan puing-puing Menara Dharahara yang ambruk akibat gempa 7,9 SR di Nepal utnuk mencari korban yang mungkin tertimbun.

AP Photo/ Niranjan Shrestha Seorang laki-laki berjalan di depan bangunan yang roboh di Kathmandu, Nepal, akibat gempa 7,9 Skala Richter (SR) pada Sabtu (25/4/2015) siang.

 

Zhou Shengping/Xinhua Foto yang dirilis kantor berita China Xinhua memperlihatkan puing-puing bangunan yang hancur diguncang gempa 7,9 SR di Nepal, Sabtu (25/4/2015).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com