Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,9 SR Guncang Nepal, 2 Orang Tewas

Kompas.com - 25/04/2015, 15:24 WIB

KATHMADU, KOMPAS.com — Setidaknya dua orang tewas dan sejumlah bangunan ambruk setelah gempa berkekuatan 7,9 skala richter mengguncang Nepal dan India bagian Utara, Sabtu (25/4/2015) sekitar pukul 13.11 WIB.

Demikian laporan sementara dari India dan Nepal. Salah satu korban tewas adalah remaja perempuan berumur 15 tahun di India bagian utara yang tertimpa dinding rumah, yang ambruk digoyang gempa. Korban kedua seorang perempuan yang tewas tertimpa patung di pinggir kota Kathmandu.

Berdasarkan data United States Geological Survey (USGS), gempa awalnya dideteksi berkekuatan 7,7 momen magnitude, tetapi kemudian dikoreksi menjadi 7,9. Pusat gempa di koordinat 28.131 lintang utara dan 84.649 bujur timur atau sekitar 81 kilometer arah barat laut ibu kota Nepal, Kathmandu, dan pada kedalaman 15 kilometer.

"Semua orang keluar ke jalanan dan berlarian menuju rumah sakit," ujar salah satu reporter Reuters di Kathmandu. Di rumah sakit pusat Kathmandu, banyak orang dengan luka-luka di anggota tubuhnya langsung mendapatkan perawatan. Belum jelas berapa banyak korban akibat gempa yang cukup kuat tersebut.

Guncangan gempa dilaporkan terasa kuat hingga ibu kota India, New Delhi. Berdasarkan laporan NDTV India, jendela dan benda-benda di dalam studio bergetar dan benda-benda yang digantung bergoyang selama beberapa menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com