Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Sapi Makan Domba di Kenya

Kompas.com - 24/04/2015, 15:12 WIB
KOMPAS.com — Seorang peternak di Kenya mengklaim salah satu sapinya telah berubah dari hewan pemakan tumbuhan menjadi binatang karnivora setelah menyantap seekor domba.

Fenomena tersebut bermula ketika Charles Mamboleo, seorang peternak di Distrik Nakuru, Kenya bagian barat daya, mendapati seekor domba sedang disantap oleh salah satu sapi yang dia pelihara. Domba itu rupanya mati akibat ditusuk oleh tanduk sang sapi.

Kepada laman daring harian Kenya, The Daily Nation, Mamboleo kemudian berupaya mengubah perilaku sapi tersebut dengan memberinya pakan segar dan air. Namun, upaya itu tidak berhasil sebab keesokan harinya seekor domba kembali menjadi korban sang sapi.

"Setelah insiden pertama, kami pikir sapi itu hanya kelaparan. Karenanya, kami meningkatkan pasokan pakan dan air. Namun, sapi itu masih mengejar domba," kata Mamboleo.

Menurut Albert Kabugi, seorang pakar pertanian dan peternakan setempat, sapi memang hewan herbivora. Akan tetapi, ketika hewan tersebut mulai makan daging, itu menjadi pertanda bahwa telah terjadi kekurangan nutrisi.

"Musim kering, yang baru saja berakhir, mengakibatkan sebagian besar hewan kekurangan mineral yang biasa ditemukan pada rumput hijau," kata Kabugi, sebagaimana dilansir The Daily Nation.

Fenomena hewan herbivora berubah menjadi karnivora terjadi di India pada 2007 lalu. Kala itu, seekor sapi memangsa beberapa ekor ayam dan insiden itu direkam melalui kamera video.

Seorang dokter hewan setempat menengarai bahwa sapi itu kekurangan mineral penting sehingga perubahan dari herbivora ke karnivora memungkinkan dalam kasus-kasus tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com