Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Afganistan Umumkan Awal Serangan Musim Semi

Kompas.com - 22/04/2015, 15:51 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Kelompok Taliban Afganistan, Rabu (22/4/2015), mengumumkan mereka akan memulai "serangan musim semi" pada Jumat mendatang.

Taliban bertekad akan menggelar serangan di seluruh wilayah Afganistan yang diyakini akan menjadi pertempuran paling brutal selama satu dekade terakhir di saat pasukan NATO menarik diri dari negeri itu.

Serangan musim semi tahun ini menandai pertempuran pertama yang melibatkan tentara nasional Afganistan tanpa dukungan pasukan AS dan NATO.

Selema beberapa pekan terakhir, Taliban sudah meningkatkan serangan mereka terhadap target-target pemerintah dan militer yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa baik dari pihak militer maupun warga sipil.

"Emirat Islam akan menggelar operasi militer musim semi pada 24 April 2015 pukul 05.00," demikian pernyataan resmi Taliban.

"Target-target utama operasi militer itu adalah pasukan pendudukan asing, khususnya basis-basis militer mereka, pejabat rezim boneka, anggota militer pemerintah, khususnya para pejabat intelijen, kementerian dalam negeri dan kementerian pertahanan," lanjut Taliban.

Misi tempur NATO secara resmi berakhir pada Desember tahun lalu namun sejumlah kecil pasukan NATO tetap tinggal di Afganistan untuk melatih dan mendukung personel pasukan keamanan lokal.

Bulan lalu, Presiden AS Barack Obama mengurangi personel militer AS di Afganistan tahun ini hingga setengahnya dan sepakat mempertahankan 9.800 personel militer hingga akhir 2015.

Taliban, yang telah memberontak terhadap pemerintah sejak terguling dari pemerintahan pada 2001, memperingatkan keputusan AS itu akan merusak semua prospek pembicaraan damai di Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com