Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Migran Laut Tengah yang Tewas Mencapai 30.000 Orang

Kompas.com - 22/04/2015, 08:55 WIB
KOMPAS.com - Jumlah migran yang meninggal pada penyeberangan Laut Tengah dapat mencapai 30.000 orang tahun ini jika tingkat korban saat ini berlanjut, kata International Organisation for Migration (IOM).

Kematian tahun 2015 sampai sejauh ini 30 kali lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

PBB meyakini tenggelamnya satu perahu di lepas pantai Libia pada akhir minggu menewaskan 800 orang, yang terparah sampai sejauh ini.

Kapten kapal Tunisia tersebut selamat dan dituduh melakukan pembunuhan secara sengaja di Italia.

Jaksa menuduh Mohammed Ali Malek, 27 tahun, mengemudikan perahunya yang membawa beban berlebihan, menabrak sebuah kapal dagang yang berusaha melakukan penyelamatan.

Juru bicara IOM Joel Millman mengatakan kepada para wartawan di Jenewa, "Korban tewas 2015 sekarang adalah lebih dari 30 kali keseluruhan jumlah korban pada saat yang sama tahun lalu ... ketika hanya 56 korban migran yang dilaporkan meninggal di Laut Tengah."

"IOM sekarang khawatir jumlah keseluruhan tahun 2014 sebanyak 3.279 migran tewas di Laut Tengah kemungkinan akan dilampaui dalam beberapa minggu ini pada tahun ini, dan dapat melewati angka 30 ribu di akhir tahun, berdasarkan jumlah korban tewas saat ini. Kemungkinan bahkan dapat menjadi lebih tinggi."

Lebih 1.700 migran diyakini telah meninggal sampai sejauh ini di tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com