Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IOM Terima Panggilan SOS dari Kapal Imigran yang Tengah Tenggelam

Kompas.com - 20/04/2015, 21:01 WIB
ROMA, KOMPAS.com - Organisasi Migrasi Internasional (IOM), Senin (20/4/2015), mengatakan menerima permintaan tolong dari sebuah kapal yang membawa 300 orang imigran yang tengah tenggelam di Laut Tengah.

"Orang yang menyampaikan permintaan toling mengatakan ada lebih dari 300 orang di kapal yang sedang tenggelam dan dia mengabarkan 20 orang sudah tewas," kata juru bicara IOM di Roma, Federico Soda lewat surat elektronik.

Namun, seorang staf IOM lainnya Flavio Di Giacomo justru mengatakan sejauh ini IOM belum menganggap panggilan permintaan tolong itu sebuah hal yang serius.

"Saat ini, itu hanyalah sebuah permintaan tolong, masih terlalu dini untuk menyimpulkan kapal itu tengah tenggelam," ujar Flavio.

Flavio menambahkan, para imigran gelap kerap menyampaikan permintaan tolong meski kondisi mereka tidak dalam bahaya demi memastikan mereka diselamatkan dari tengah laut.

IOM mengatakan sudah menghubungi pasukan penjaga pantai Italia dan memberikan kordinat kapal tersebut. Namun, Federico Soda mengatakan saat ini pasukan penjaga pantai belum bisa melakukan penyelamatan.

"Insiden yang terjadi akhir pekan lalu menyedot semua sumber daya kami. Pasukan penjaga pantai kemungkinan akan mencoba meminta kapal-kapal komersial ke lokasi kapal imigran itu," lanjut Federico.

Kapal-kapal angkatan laut Italia dan Malta saat ini masih menyisir wilayah lepas pantai Libya untuk mencari korban kapal imigran yang tenggelam pada Minggu (19/4/2015), yang dikhawatirkan menewaskan ratusan orang di atasnya.

Namun, upaya pencarian nampaknya tak berhasil baik dengan hanya 28 orang yang diselamatkan sejauh ini, selain 24 jenazah yang sudah berhasil diangkat pasukan penjaga pantai Malta.

Salah seorang korban selamat mengatakan kepada pemerintah Italia bahwa terdapat sedikitnya 950 orang di atas kapal yang tenggelam itu dan sebagian dari mereka dikunci di dek bawah oleh para penyelundup manusia.

Setiap hari sekitar 500-1.000 orang imigran ditolong pasukan penjaga pantai Italia di Laut Tengah. Sejak pekan lalu saja sudah 11.000 imigran yang diselamatkan dari Laut Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com