Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Misterius Tewaskan 18 Warga Nigeria dalam 24 Jam

Kompas.com - 19/04/2015, 11:57 WIB
LAGOS, KOMPAS.com — Sebuah penyakit misterius selama 24 jam terakhir menewaskan 18 orang di kota Ode-Irele di wilayah tenggara Nigeria. Demikian penjelasan pemerintah, Sabtu (18/4/2015).

"Sebanyak 23 orang tertular dan 18 orang tercatat meninggal dunia," kata komisioner departemen kesehatan negara bagian Ondo, Dayo Adeyanju.

Penyakit misterius yang memiliki gejala antara lain sakit kepala, penurunan berat badan, pandangan kabur, dan kehilangan kesadaran itu mengakibatkan penderita meninggal dunia hanya sehari setelah terjangkit.

Juru bicara pemerintah negara bagian Ondo, Kayode Akinmade, mengatakan, sejauh ini tes laboratorium menyatakan penyakit misterius ini bukan ebola atau virus lainnya yang sudah dikenal.

Akinmade menambahkan, tim kesehatan pemerintah dan badan-badan dunia, termasuk WHO, sudah tiba di kota Ode-Irele untuk melakukan pemeriksaan terkait penyakit misterius ini.

Juru bicara WHO Tarik Jasarevic mengatakan, saat ini sampel darah dan air seni dari dua orang pasien dan cairan cerebrospinal dari seorang pasien lainnya sudah diambil.

"Semua sampel sudah dikirim ke RS Universitas Lagos pagi ini dan kami masih menunggu hasilnya. Investigasi masih terus berlangsung," ujar Jasarevic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com