Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri di Jalalabad, 35 Orang Tewas

Kompas.com - 18/04/2015, 23:27 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Seorang pelaku bom bunuh diri yang menggunakan sepeda motor menyerang sebuah bank di wilayah timur Afganistan, Sabtu (18/4/2015).

Presiden Ashraf Ghani menyebut aksi yang menewaskan sedikitnya 35 orang itu merupakan perbuatan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Serangan di kota Jalalabad, ibu kota provinsi Nangarhar itu, mengincar kerumunan tentara dan warga sipil yang berkumpul di luar bank tersebut untuk menerima gaji bulanan mereka.

Juru bicara pemerintah provinsi Nangarhar, Ahmad Zia Abdulzai mengatakan selain menewaskan 35 orang, aksi bom bunuh diri itu juga melukai 125 orang lainnya.

Beberapa jam setelah serangan maut itu, Presiden Ashraf Ghani mengeluarkan pernyataan resmi yang antara lain menuding ISIS berada di balik serangan bom bunuh diri tersebut.

"Siapa yang bertanggung jawab atas tragedi di Nangarhar? Taliban tidak menyatakan bertanggung jawab. ISIS yang menyatakan mendalangi aksi itu," kata Presiden Ghani.

Kelompok Taliban secara resmi membantah terlibat dalam aksi bom bunuh diri di Jalalabad dan sebiah kota lain yang menewaskan satu warga sipil.

"Kami mengecam dan membantah terlibat dalam kedua aksi pengeboman itu," kata juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid lewat akun Twitter-nya.

Sebelumnya, Presiden Ghani memperingatkan ISIS mulai menancapkan pengaruhnya di Afganistan. Dalam kunjungannya ke AS bulan lalu, Presiden Ghani menyampaikan kekhawatirannya soal keberadaan ISIS di negeri  yang dipimpimpinnya itu.

"Jika kita tidak bersatu, orang-orang ini (ISIS) akan menghancurkan kita," ujar Presiden Ghani di hadapan 600 orang yang berkumpul di pusat pemerintahan provinsi Badakhstan, Faizabad.

Dalam kesempatan itu, Ghani juga menyerukan agar Taliban bergabung dengan pemerintahan Kabul dan mengatakan setiap anggota yang bergabung dengan ISIS akan menerima kemarahan para pemimpin agama di Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com