Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Banyak Wanita Perancis Terbujuk Gabung ISIS

Kompas.com - 18/04/2015, 06:16 WIB

KOMPAS.com - Makin banyak wanita Prancis yang dijadikan target untuk bergabung dengan kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS. Menurut para pengamat terorisme, jumlah wanita yang bergabung ke kelompok ekstrem tersebut lebih banyak dibandingkan laki-laki.

"Banyak wanita di Prancis yang tertarik (untuk bergabung dengan ISIS) karena alasan kemanusiaan," kata Jean-Charles Brisard, direktur Pusat Analisis Terorisme di Paris kepada situs berita Prancis, The Local.

Brisard menjelaskan, selama ini ISIS menggunakan propaganda dengan banyak menampilkan wanita dan anak-anak yang menderita. Cara ini dianggap ampuh untuk mengajak banyak wanita untuk bergabung.

"Video dan foto-foto ini akan menggerakkan (hati) wanita," ucap Brisard. "Mereka (ISIS) menggunakan nilai-nilai Barat untuk meyakinkan para wanita untuk bergabung dengan mereka (ISI)," ujarnya.

Lebih 130 wanita bergabung

Sejak April 2014, pemerintah Perancis membuka sambungan telepon khusus, yang memungkinkan warga melaporkan orang-orang yang diindikasi akan pergi ke Suriah atau Irak untuk bergabung dengan ISIS. Sejak itu pemerintah menerima tak kurang dari 3.670 laporan.

Data untuk Maret 2015 menunjukkan ada dari 261 orang yang dilaporkan diduga bergabung dengan ISIS. Sebanyak 135 di antaranya adalah wanita.

Laporan yang diterbitkan Majelis Tinggi Prancis menyebutkan, ada 1.430 warga Prancis telah bergabung dengan ISIS di Irak dan Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com