Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Personel Brigade Linud AS Latih Pasukan Ukraina

Kompas.com - 17/04/2015, 15:09 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Sebanyak 300 anggota pasukan lintas udara AS tiba di Ukraina pekan ini untuk melatih pasukan Garda Nasional Ukraina yang memerangi pemberontak pro-Rusia di wilayah timur negeri itu. Demikian pernyataan Angkatan Darat AS, Kamis (16/4/2015).

Pasukan dari Brigade Pasukan Lintas Udara ke-173 tiba pada Selasa dan Rabu lalu di Yavoriv , wilayah barat Ukraina. Mereka akan berada di negeri itu selama enam bulan untuk melatih tiga batalion pasukan Ukraina.

"Kami akan menggelar pelatihan perang, termasuk latihan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan para staf militer Ukraina," kata Mayor Jose Mendez, perwira operasi Brigade Lintas Udara ke-173 yang berbasis di Italia.

Langkah AS ini nampaknya akan memicu kemarahan Rusia yang selama ini menuding AS mendukung aksi protes yang berujung penggulingan Presiden Victor Yanukovych yag pro-Rusia tahun lalu.

Sementara itu, Barat menuding Moskwa mempersenjatai para pemberontak yang menguasai sejumlah kawasan di wilayah timur Ukraina. Moskwa berulang kali membantah tuduhan Barat itu.

Pertempuran antara kelompok separatis dan pasukan pemerintah Ukraina terus terjadi meski kesepakatan gencatan senjata telah diteken kedua pihak yang bertikai pada Februari lalu.

Konflik bersenjata ini, menurut PBB, sudah menghilangkan lebih dari 6.000 nyawa, sebagian di antaranya adalah warga sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com