Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Miliar Orang Tak Punya Akses Perbankan

Kompas.com - 16/04/2015, 11:00 WIB
KOMPAS.com - Lebih dari seperempat penduduk dunia, atau sekitar dua miliar orang, masih belum memiliki akses ke fasilitas perbankan, ungkap sebuah laporan.

Laporan Global Findex Bank Dunia menyebut, lebih dari separuh orang dewasa di daerah termiskin di dunia masih tidak memiliki akses ke sistem keuangan.

Padahal di sisi lain, dalam tiga tahun terakhir, secara global terjadi peningkatan sebanyak 11 persen jumlah orang dewasa yang memiliki rekening bank.

Peningkatan kepemilikan rekening didorong oleh negara-negara berkembang, serta berkat peran teknologi.

Uang seluler

Akses yang lebih luas terhadap sistem keuangan dapat "meningkatkan penciptaan lapangan kerja, meningkatkan investasi dalam pendidikan" dan "penting untuk mengakhiri kemiskinan global," laporan itu menegaskan.

Yang memprihatinkan, laporan itu juga menyimpulkan bahwa kesenjangan gender dalam akses keuangan tidak membaik. Kesenjangan terbesar terjadi di Asia Selatan, dengan hanya 37 peresen perempuan memiliki rekening, dibandingkan dengan 65 persen laki-laki.

Rekening uang di jaringan telepon seluler -membayar dan menerima transasksi elektronik melalui ponsel- di Afrika Sub-Sahara merupakan faktor penting terhadap pertumbuhan kepemilikan rekening, yang sekarang mencapai 62 persen dari orang dewasa di seluruh dunia, naik dari 51 persen tiga tahun lalu. Bank Dunia mengatakan, hal ini menciptakan "kesempatan besar untuk meningkatkan akses keuangan di kalangan perempuan dan orang-orang miskin".

Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim mengatakan,  "Akses ke layanan keuangan dapat berfungsi sebagai jembatan untuk keluar dari kemiskinan. Kami telah menetapkan sasaran sangat ambisius, akses keuangan yang universal pada tahun 2020."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com