Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Bebaskan 216 Tawanan Yazidi

Kompas.com - 09/04/2015, 13:57 WIB
KOMPAS.com — Pejabat keamanan Kurdi mengatakan, kelompok ISIS membebaskan sedikitnya 216 anggota komunitas Yazidi Irak yang telah ditawan selama delapan bulan. Para saksi mata mengatakan, penyerahan ke-216 tahanan Yazidi itu berlangsung pada Rabu (8/4/2015) di Provinsi Kirkuk, Irak utara. Saksi mata mencatat, kebanyakan warga Yazidi itu adalah orang tua yang sakit-sakitan.

Alasan pembebasan itu tidak jelas. Pembebasan massal itu adalah yang kedua, setelah sekitar 200 warga Yazidi dibebaskan pada Januari lalu oleh ISIS setelah ditawan selama lima bulan.

Ribuan warga Yazidi melarikan diri pada Agustus lalu ketika petempur ISIS menguasai kota Sinjar, di Irak utara dekat perbatasan Suriah, tetapi ratusan lainnya ditangkap.

Dalam upayanya menguasai Irak, ISIS menembak dan membunuh orang-orang Yazidi, menculik perempuan dan anak-anak perempuan, dan menjual mereka sebagai budak.

Warga Yazidi adalah suku Kurdi yang percaya pada satu Tuhan, dan kepercayaan mereka dikaitkan pada ajaran Zoroaster.

Yazidi telah berulang kali menderita akibat perlakuan diskriminatif selama berabad-abad, khususnya oleh orang-orang Islam Arab yang tidak memahami kepercayaan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com