Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Umat Rayakan Jumat Agung di Jerusalem

Kompas.com - 04/04/2015, 08:41 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com - Ribuan peziarah memadati lorong-lorong batu yang sempit Kota Tua Yerusalem untuk prosesi tradisional Jumat Agung. Sekelompok orang membawa salib dari kayu besar saat mereka berbaris melewati Via Dolorosa atau Jalan Duka yang bersejarah. Mereka menyanyikan lagu-lagu rohani dan membaca Kitab Injil sewaktu mengunjungi 14 tempat Salib, yang menceritakan kembali kisah-injil  saat-saat  terakhir  Yesus Kristus disalib.

Peziarah datang dari seluruh dunia. "Ini benar-benar suatu keistimewaan untuk berada di sini," ujar Joseph Magtoto yang berkunjung dari Filipina.

"Menakjubkan, mengharukan - merayakan kehidupan Yesus  di negara asalnya sendiri. Kita juga  bisa  merayakan Jumat Agung, kegemaran Yesus Kristus," ujarnya.

Jerusalem juga dibanjiri peziarah Yahudi, sebab Jumat Agung tahun ini juga  bertepatan dengan Paskah Yahudi, selama seminggu. Itu paduan yang rumit  bagi  Jeff Smith, seorang Kristiani dari Utah, Amerika Serikat.

"Sesuatu yang sangat besar terjadi dalam kehidupan banyak orang, sekarang ini - dalam kehidupan banyak orang Kristen, dan bagi orang Yahudi  sama halnya. Saya pikir itu adalah pengalaman yang menarik, menyaksikan  orang-orang yang  menyembah Tuhan  dengan cara mereka masing-masing," ujarnya.

Prosesi Jumat Agung berakhir di Gereja Makam Kudus,  tempat  Yesus dimakamkan. Di sanalah pada hari Minggu Paskah umat  Kristen merayakan kepercayaan mereka akan kebangkitan Yesus dari kematian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com