Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Kotak Hitam Kedua Germanwings

Kompas.com - 02/04/2015, 23:23 WIB

KOMPAS.com - Kotak hitam kedua yang merekam data penerbangan Germanwings yang jatuh di pegunungan Alpen sudah ditemukan.

Adapun alat perekam suara di kokpit sudah ditemukan tak lama setelah pesawat Airbus A320 itu jatuh Selasa 24 Maret dan menewaskan seluruh 150 orang di dalamnya.

Rekaman suara memperlihatkan indikasi bahwa pilot kedua atau kopilot, Andreas Lubitz, dengan sengaja menabrakkan pesawat.

Pesawat itu jatuh dalam penerbangan dari Barcelona, Spanyol, menuju Dusseldorf, Jerman.

Rincian data penerbangan amat penting dalam penyelidikan jatuhnya pesawat karena antara lain terdiri dari waktu transmisi radio, kecepatan pesawat, ketinggian, maupun arah penerbangan.

Lubitz membuat pesawat turun dari ketinggiannya pada pukul 09:31, tak lama setelah A320 melakukan kontak terakhir dengan menara pengawas.

Dia juga mengunci pintu kokpit sehingga kapten pilot sedang berada di luar tidak bisa masuk lagi walau berkali-kali mengetuk pintu dan meminta masuk.

Sekitar delapan menit kemudian, pesawat jatuh ke kawasan pegunungan Alpen di Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com