Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekaman Video dari Ponsel Ungkap Situasi Saat Pesawat Germanwings Akan Jatuh

Kompas.com - 01/04/2015, 04:02 WIB

KOMPAS.com — Sebuah rekaman video dari kamera telepon seluler mengungkap situasi dari hancurnya pesawat Germanwings beberapa hari lalu. Rekaman dari kamera ponsel itu didapat oleh para penyelidik di Pegunungan Alpen, Perancis, tempat lokasi kejadian.

Rekaman video tersebut menangkap kengerian 150 penumpang yang menyadari bahwa pesawat yang mereka tumpangi akan jatuh.

Dua surat kabar lokal di Eropa mengaku melihat rekaman video tersebut. Pada rekaman, terdengar suara teriakan dan tangisan dalam beberapa bahasa. Rekaman itu sendiri hanya berdurasi beberapa detik.

Tak hanya itu, rekaman video itu juga memperdengarkan adanya suara besi yang teradu, yang diklaim media lokal tersebut sebagai suara pilot yang berusaha mendobrak masuk ke dalam kokpit dengan menggunakan kapak.

Harian Bild dari Jerman dan majalah Paris Match mengaku, wartawan mereka diperlihatkan video tersebut. Adapun video didapat dari kartu memori yang kemungkinan berasal dari ponsel di dalam pesawat naas tersebut.

Meski begitu, Letkol Jean-Marc Menichini membantah adanya rekaman itu. Perwira yang bertanggung jawab terhadap proses pencarian pesawat tersebut menyatakan, tidak ada ponsel yang ditemukan oleh penyelidik di lokasi kejadian.

Di sisi lain, majalah Paris Match menyebut, rekaman video tersebut kemungkinan diambil dari bagian belakang pesawat. Media tersebut juga menyatakan ada suara "oh Tuhan" dalam berbagai bahasa.

Sementara itu, Bild menggambarkan, rekaman tersebut sangat ricuh dan buram serta sering kali bergoyang. Rekaman itu juga menggambarkan betapa para penumpang sangat mengetahui situasi yang sedang terjadi.

Menurut Paris Match, rekaman video tersebut juga memperlihatkan keadaan pesawat yang berguncang sangat hebat sebelum teriakan semakin menyeruak di dalam pesawat.

Dalam rekaman terakhir sebelum pesawat menabrak tebing pegunungan, suara teriakan semakin menjadi-jadi.

Belum diketahui, siapa orang yang merekam kejadian tersebut, apakah penumpang atau kru pesawat. Meski begitu, dua media tersebut tidak memperlihatkan bukti rekaman video yang mereka sampaikan di dalam koran mereka.

Kartu memori mungkin selamat

Seorang ahli ponsel, Dirk Lorenz, dalam wawancara dengan Bild mengatakan, sangat sulit bahwa sebuah ponsel dapat selamat dari peristiwa itu. Meski begitu, ia mengakui bisa saja kartu memori selamat.

"Kartu memori memiliki daya tahan yang lebih baik. Meski ponsel sudah hancur berkeping-keping, kartu memori dapat selamat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com