Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Singapura Ditangkap karena Kritik Lee Kuan Yew

Kompas.com - 31/03/2015, 15:25 WIB
KOMPAS.com — Seorang remaja Singapura terancam hukuman penjara selama tiga tahun karena memasang video yang mengkritik bapak pendiri Singapura, mendiang Lee Kuan Yew.

Amos Yee, yang ditahan sesaat setelah pemakaman Lee Kuan Yew, Minggu (29/3/2015), dihadapkan pada pengadilan dengan tiga dakwaan. Ketiga dakwaan itu meliputi niatan mencederai perasaan orang dalam hal agama atau ras secara sengaja, menyebarkan materi yang tidak sopan, dan pelecehan.

Jika terbukti, remaja berusia 16 tahun itu bisa dikenai denda serta hukuman penjara sampai tiga tahun.

Di luar ruang sidang, ayah remaja tersebut meminta maaf kepada Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang merupakan putra mendiang Lee Kuan Yew.

Amos Yee memasang video berdurasi 8 menit 38 detik di YouTube dan kini sudah dihapus setelah ditonton orang puluhan ribu kali.

Dalam videonya, Yee mengkritik aturan-aturan ketat di Singapura yang dikeluarkan mendiang Lee semasa berkuasa. Dia juga menantang Perdana Menteri Lee Hsien Loong menuntutnya dan mengeluarkan pernyataan yang menghina agama Kristen.

Kelompok pembela hak media, Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ), menyebut penahanan Yee menandai pembatasan yang dilakukan Pemerintah Singapura terhadap jurnalis.

"Kami menyerukan kepada aparat untuk membebaskan Amos Yee sesegera mungkin dan melakukan reformasi atas aturan Singapura yang membatasi media," kata juru bicara CPJ Asia, Bob Dietz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com