Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah Suasana Terakhir Kokpit Germanwings Sebelum Jatuh

Kompas.com - 31/03/2015, 11:23 WIB
KOMPAS.com — Andreas Lubitz, kopilot pesawat Germanwings yang mengalami kecelakaan, dengan hati-hati merencanakan keputusannya untuk mengunci kapten di luar kokpit dan menjatuhkan pesawat itu.

Bocoran rincian hasil transkrip kotak hitam pesawat itu mengungkapkan bahwa Lubitz telah secara aktif mendorong Kapten Patrick Sondheimer untuk meninggalkan dia sendirian di kokpit.

Ketika Kapten Sondheimer mencoba untuk memberi arahan singkat kepadanya terkait rencana pendaratan di Düsseldorf, Lubitz dengan dingin menjawab, "Mudah-mudahan" dan "Kita lihat saja nanti".

Pada saat-saat akhir rekaman itu, Kapten Sondheimer terdengar memohon kepada Lubitz untuk membukakan pintu sebelum kemudian mencoba untuk memecah pintu tersebut.

"Tolonglah, buka pintu," katanya, sementara suara jeritan penumpang terdengar di belakangnya.

Rincian transkrip selama satu setengah jam itu yang bocor ke harian Jerman, Bild am Sonntag, menunjukkan bahwa lebih dari sekali selama penerbangan tersebut, Lubitz mencoba untuk membujuk kapten agar menyerahkan kendali pesawat.

Rincian berikut berdasarkan laporan Bild, yang belum diverifikasi secara independen.

Transkrip itu dimulai dengan Kapten Sondheimer membuat pengumuman rutin kepada penumpang dan meminta maaf atas keberangkatan yang terlambat.

Dalam 20 menit berikutnya, sang Kapten mengeluh bahwa dia tidak punya waktu untuk pergi ke toilet di Barcelona dan Lubitz pun langsung menyampaikan tawaran pertamanya untuk mengambil alih kendali.

Setelah pesawat mencapai ketinggian jelajah di 38.000 kaki, Kapten Sondheimer memberi tahu Lubitz tentang pendaratan di Dusseldorf.

Jawaban kopilot itu seperti tidak nyaman, tetapi mungkin tidak terdengar sebagai sebuah alarm oleh sang Kapten pada saat itu.

Setelah briefing selesai, Lubitz sekali lagi mendorong Kapten Sondheimer untuk pergi ke kamar kecil dan meninggalkan dia sendirian di kokpit.

"Anda bisa pergi sekarang," katanya.

Dua menit berlalu sebelum akhirnya Kapten Sondheimer menerima tawaran itu.

"Anda bisa mengambil alih," kata Sondheimer, dan ada suara kursinya didorong ke belakang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com