Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Jasad Lee Kuan Yew Akan Dikremasi

Kompas.com - 29/03/2015, 08:23 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com — Pemerintah Singapura akan menggelar upacara kenegaraan untuk mengantar jenazah bapak bangsa Singapura, Lee Kuan Yew, ke peristirahatan terakhirnya pada Minggu (29/3/2015), sekaligus mengakhiri masa berkabung selama sepekan di negeri itu.

Puluhan ribu orang diperkirakan bakal memadati jalur sepanjang 15,4 kilometer yang akan dilalui iring-iringan pembawa jenazah Lee ke tempat peristirahatan terakhir pria yang menjabat sebagai perdana menteri selama 31 tahun itu.

Lee, yang meninggal dalam usia 91 tahun setelah dirawat tujuh pekan dirawat di rumah sakit akibat pneumonia, dikenang karena memimpin Singapura lepas dari federasi Malaysia dan kemudian membangun negeri itu menjadi sebuah kekuatan ekonomi dunia saat ini.

Setelah menjabat perdana menteri sejak 1959, Lee lengser pada 1990 dan menyerahkan tampuk kekuasaan kepada wakilnya saat itu, Goh Chok Tong. Goh kemudian digantikan Lee Hsien Loong, yang adalah putra Lee senior.

Sebanyak 415.000 warga, atau sekitar 12 persen dari seluruh warga Singapura, sudah memberikan penghormatan terakhir selama jasad Lee disemayamkan di gedung parlemen.

Tak lama setelah tengah hari, peti jenazah Lee dibawa ke tempat peristirahatan terakhir. Peti yang penutupnya dibuat transparan itu akan ditarik sebuah Land Rover dengan atap terbuka dan akan melintasi sejumlah "landmark" kota yang terkait dengan karier politik Lee.

Kemudian, pasukan Singapura akan memberikan 21 kali tembakan penghormatan dan terbang lintas empat jet F-16 milik tim aerobatik AU Singapura, The Black Knights. Sementara itu, sirene akan dibunyikan di seluruh penjuru negeri tersebut untuk mengiringi hening cipta selama satu menit.

Iring-iringan pembawa jenazah Lee Kuan Yew akan berhenti di Universitas Nasional Singapura. Sebuah kebaktian akan dihadiri para pemimpin negara sahabat dan dilanjutkan proses kremasi yang akan dihadiri keluarga terdekat.

Mantan Presiden AS Bill Clinton akan memimpin delegasi Amerika Serikat yang di dalamnya termasuk Henry Kissinger, seorang kawan dekat Lee Kuan Yew.

Para pemimpin dunia yang hadir ke Singapura untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Lee Kuan Yew antara lain PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Korsel Park Geun-hye, PM Australia Tony Abbott, PM India Narendra Modi, Presiden Indonesia Joko Widodo, Sultan Malaysia Abdul Halim Mu'adzam Shah, dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah.

Sementara itu, Inggris akan diwakili ketua majelis rendah William Hague yang juga pernah menjabat sebagai menteri luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com