Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Somalia Diserang Militan, Sepuluh Orang Tewas

Kompas.com - 28/03/2015, 20:26 WIB

KOMPAS.com
- Sepuluh orang tewas dalam baku tembak di Hotel Maka al-Mukarama Mogadishu, termasuk Duta Besar Somalia untuk Swiss, Yusuf Bari Bari.

Sejumlah diplomat lainnya melarikan diri dengan melompat dari jendela setelah militan Al-Shabaab melancarkan tembakan dan granat di hotel tersebut.

Serangan dimulai Jumat (27/3/2015) ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan mobil dengan bahan peledak di luar hotel. Hingga kini, pasukan pemerintah Somalia berjuang untuk mengambil alih hotel di ibukota Somalia tersebut.

Pasukan khusus Somalia yang telah dilatih di Amerika telah mampu mengambil alih sebagian besar hotel. Meski demikian, laporan terakhir mengatakan militan masih berada di lantai atas dan atap.

Seorang juru bicara Al-Shabaab mengatakan kepada BBC bahwa Maka al-Mukarama diserang karena popularitasnya di kalangan pejabat pemerintah.

"Kami tidak menganggapnya sebagai sebuah hotel, itu adalah markas pemerintah," katanya.

Petugas polisi Ismail Olow mengatakan kepada Reuters bahwa dia percaya awalnya terdapat sembilan penyerang, enam di antaranya tewas dalam baku tembak.

Hotel di ibukota Somalia, Mogadishu, sering menjadi sasaran militan Al-Shabaab yang diusir dari kota tersebut beberapa tahun lalu tetapi masih menguasai daerah selatan Somalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com