Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopilot Germanwings Disebut Sering Berlibur Sambil Terbang Layang di Alpen

Kompas.com - 28/03/2015, 20:00 WIB

KOMPAS.com
- Kopilot pesawat Germanwings yang diduga sengaja menabrak pesawat Jerman tersebut ke pegunungan Alpen, Prancis, disebut mengenal baik wilayah pegunungan itu.

Seorang anggota sekolah penerbangan Montabaur di mana Andreas Lubitz sempat menimba ilmu mengatakan kepada BBC bahwa dia pernah menerbangkan pesawat terbang layang atau lebih dikenal dengan istilah pesawat glider di kawasan pegunungan Alpen. Saat itu, Lubitz sedang berlibur, kata Dieter Wagner.

Sebuah surat kabar Prancis melaporkan bahwa kopilot tersebut kerap berlibur sambil menghabiskan waktu di sebuah klub terbang di Alpen dengan orangtuanya. Hal ini sudah dia lakukan sejak berusia sembilan tahun.

Penyidik berusaha untuk memahami apa yang mungkin membuat Lubitz untuk mengambil kendali Airbus A320 itu. Jaksa Jerman berpendapat dia menyembunyikan penyakit dari perusahaan tempat dia bekerja, Germanwings, pada saat kecelakaan terjadi.

Data dari kotak perekam suara menunjukkan, pria berusia 27 tahun tersebut sengaja menurunkan ketinggian pesawat dalam waktu delapan menit setelah mengunci pilot dari kokpit.

Tidak ada yang selamat saat pesawat 4U 9525 tersebut jatuh di pegunungan Alpen hari Selasa (24/03) dalam perjalanan dari Barcelona, Spanyol, menuju Dusseldorf, Jerman.

Jaksa mengatakan tidak ada bukti motif politik atau agama atas perbuatannya dan tidak ada catatan bunuh diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com