Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencari Suaka Naik 45 Persen karena Suriah dan Irak

Kompas.com - 27/03/2015, 03:45 WIB

KOMPAS.com - Jumlah pengungsi yang mencari suaka di negara-negara berkembang meningkat hampir setengahnya tahun lalu, mencapai tingkat tertinggi dalam 22 tahun, lapor PBB.

Badan pengungsi PBB (UNHCR) memperkirakan 866 ribu pencari suaka mengajukan permintaan di tahun 2014, naik 45 persen dibandingkan tahun 2014 dan ini angka tertinggi sejak dimulainya perang di Bosnia.

Peningkatan ini dipicu konflik di Suriah dan Irak. Jerman menerima paling banyak permintaan suaka, 173 ribu atau 30 persen dari permintaan di Uni Eropa. Diikuti oleh Amerika Serikat, Turki, Swedia dan Italia.

Lima negara penerima teratas merupakan 60 persen dari semua pencari suaka baru di antara 44 negara yang termasuk dalam laporan itu.

Peningkatan ini dikaitkan dengan peningkatan konflik di Suriah dan Irak yang menyebabkan terjadinya "krisis kemanusiaan terburuk," kata juru bicara UNHCR Melissa Fleming kepada para wartawan.

Dia mendorong negara-negara Eropa untuk membuka pintunya dan membantu semaksimal mungkin dalam mengatasi keadaan saat ini sama seperti ketika terjadinya perang Balkan di tahun 1990an.

"Kami memerlukan berbagai negara meningkatkan usahanya," kata Fleming seperti dikutip kantor berita AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com