Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Naik Germanwings, Para Pemain Klub Sepak Bola Swedia Lolos dari Maut

Kompas.com - 25/03/2015, 21:43 WIB
STOCKHOLM, KOMPAS.com — Dalam setiap tragedi transportasi, selalu terselip sebuah kisah keberuntungan, termasuk dalam tragedi jatuhnya Airbus milik maskapai Germanwings di Perancis pada Selasa (24/3/2015).

Kali ini, keberuntungan memayungi tim sepak bola, Dalkurd FF, dari kota Borlange, Swedia. Para pemain klub yang berlaga di liga Divisi III Swedia itu seharusnya pulang dengan menggunakan Germanwings setelah melakukan perjalanan di Catalonia.

Namun, tim itu kemudian memutuskan waktu transit mereka di Duesseldorf jika menggunakan Germanwings akan terlalu lama. Akhirnya, mereka memilih pulang secara terpisah menggunakan tiga maskapai lain lewat Zurich, Swiss, dan Muenchen, Jerman.

Karena itu, tak seorang pun pemain dan staf klub Dalkurd FF menumpang Airbus A320 yang kemudian jatuh di Perancis dan menewaskan penumpang dan awaknya.

"Bagi mereka yang mencoba menghubungi kami dalam beberapa jam terakhir, kami sudah berada di rumah dalam kondisi selamat. Kami menggunakan pesawat lain. Semoga para korban tewas beristirahat dengan tenang," kata penjaga gawang Dalkurd FF, Frank Petterson, lewat akun Twitter-nya.

Namun, Petterson mengatakan kepada harian The Local bahwa kabar yang menyebut timnya batal menggunakan Germanwings pada menit-menit akhir adalah kabar yang tak benar.

"Kami tak pernah mengubah penerbangan. Germanwings adalah salah satu opsi saat kami akan pulang, tetapi klub akhirnya memilih tiga penerbangan terpisah," ujar Petterson.

"Empat penerbangan meninggalkan Barcelona pagi itu. Kami berada di tiga penerbangan lainnya dan salah satunya yang mengalami kecelakaan," tambah Petterson.

Direktur Olahraga Dalkurd FF Adil Kizil, kepada tabloid Aftonbladet, menggambarkan betapa beruntungnya dia dan semua pemain klub itu.

"Kami bisa saja berada di dalam pesawat itu. Ada empat penerbangan yang meninggalkan Barcelona dan melewati Alpen pada saat hampir bersamaan. Pemain kami ada di dalam tiga dari empat pesawat itu. Anda bisa katakan kami sangat beruntung," kata Kizil.

Dalkurd FF adalah klub yang dikelola komunitas Kurdi di Swedia. Klub ini memiliki penggemar warga Kurdi yang tersebar di seluruh dunia. Meski demikian, tak semua pemain klub ini memiliki darah Kurdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Local
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com