Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Keselamatan Penerbangan, Catatan Germanwings Sempurna

Kompas.com - 24/03/2015, 21:08 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan murah, Germanwings, menyatakan, mereka memiliki catatan sempurna dalam hal keselamatan penerbangan hingga kecelakaan yang terjadi pada Selasa (23/3/2015).

"Kami belum pernah mengalami kehilangan pesawat terbang sepanjang sejarah perusahaan ini hingga sekarang," ujar seorang juru bicara Germanwings.

Germanwings yang merupakan anak usaha maskapai Lufthansa kini tengah difokuskan untuk melayani penerbangan domestik dan sebagian rute di Eropa.

Dengan warna khasnya, kuning dan ungu, maskapai ini awalnya merupakan bagian dari perusahaan Eurowings, tetapi kemudian menjadi perusahaan terpisah pada 2002.

Setelah itu, pada 2009, Lufthansa sepenuhnya mengelola maskapai penerbangan yang berbasis di kota Koln itu. Maskapai Germanwings terdiri atas Airbus A320-200 dan A319-100.

Pada 2012, tersiar kabar telah terjadi insiden serius yang melibatkan salah satu pesawat milik Germanwings pada pengujung 2010. Saat itu, pilot terganggu kepulan asap dan mengeluhkan bau benda terbakar di dalam kokpit saat hendak mendarat di Bandara Koln. Namun, Germanwings dituding menutup-nutupi insiden tersebut.

Saat ini, Germanwings mempekerjakan 2.000 karyawan dan mengangkut 16 juta penumpang hingga Juli 2014.  Pada 2014, maskapai ini berhasil mengurangi kerugiannya dan diharapkan bisa mencapai titik impas pada 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com