Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Kuan Yew Masih Bisa Berenang 25 Menit pada Usia 89 Tahun

Kompas.com - 24/03/2015, 12:44 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Siapa sangka Lee Kuan Yew pada masa mudanya merupakan penggemar bir? Siapa juga yang tidak salut mengetahui Bapak Bangsa Singapura itu masih mampu berenang selama 20-25 menit pada usianya yang hampir mencapai kepala sembilan?

Lee membagikan sekelumit kehidupan pribadinya dalam buku terakhirnya berjudul One Man's View Of The World yang diterbitkan tahun 2013 silam. Lee, yang meninggal pada Senin (23/3/2015) pagi dalam usia 91 tahun, menceritakan bagaimana dia mengubah gaya hidupnya yang semula kurang sehat menjadi lebih sehat hingga hari tuanya.

Dia bertutur, pada masa mudanya hingga umur 30-an, dia merupakan penggemar bir dan perokok. Lee kemudian akhirnya memutuskan berhenti merokok karena membuat dia kehilangan suara ketika berkampanye. Tentu saja ini sebelum riset medis menunjukkan bahwa merokok dapat memicu kanker paru-paru atau tenggorokan.

Lucunya, beliau malahan menjadi super-alergi dengan asap rokok.

Sementara alasan berhenti minum bir cukup sederhana. Sering minum mengakibatkan perutnya membuncit dan terlihat tidak elok di gambar yang terpampang di koran. Sejak itu, pendiri Singapura tersebut rutin berolahraga, mulai dari bermain golf, berlari, hingga berenang. 

Pada usianya yang sangat senja (89 ketika buku diterbitkan), Lee menceritakan bahwa dia masih rutin berolahraga setiap hari. Beliau sanggup berlari di treadmill 3 kali sehari, 12 menit pada pagi hari, 15 menit setelah makan siang, dan 15 menit setelah makan malam.

Yang layak diacungi jempol juga yaitu beliau rutin berenang 20-25 menit sebelum makan malam.

Lee Senior menuturkan, tanpa semua exercise itu, mustahil baginya untuk tetap fit pada usia setua itu. Yang penting adalah disiplin, tegasnya. Dengan bangga, dia juga menambahkan, pada usia sesenja itu dia masih sanggup sit up dan tidak menggunakan tongkat untuk berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com