Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Argentina Selidiki Tempat Persembunyian Nazi

Kompas.com - 24/03/2015, 05:29 WIB

KOMPAS.com - Para arkeolog berusaha menyimpulkan apakah reruntuhan gedung di daerah pelestarian alam terpencil di Argentina dibangun sebagai tempat persembunyian para perwira Nazi Jerman.

Tim peneliti mengatakan telah menemukan uang logam Jerman dari masa Perang Dunia Kedua di puing-puing yang berada di Argentina utara itu.

Mereka memperkirakan bangunan tersebut kemungkinan tidak pernah dipakai Nazi buronan karena mereka ternyata dapat hidup bebas di kota-kota Argentina.

Nazi yang melarikan diri ke Argentina termasuk Adolf Eichmann dan Erich Priebke.

Arkeolog Universitas Buenos Aires mengatakan mereka memutuskan untuk menyelidiki bangunan tersebut karena cerita setempat bahwa tempat itu dipakai sebagai lokasi persembunyian pembantu terdekat Adolf Hitler, Martin Bormann.

Reruntuhan berlokasi di taman Teyu Cuare, di dekat kota San Ignacio di Provinsi Misiones Utara.

Peneliti Daniel Schavelzon mengatakan kepada koran Clarin Argentina bahwa arsitektur ketiga bangunan sangat berbeda dengan yang lainnya di kawasan itu, sementara tujuan keberadaannya di taman pelestarian alam terpencil tetaplah suatu misteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com