Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TV Belanda: Pesawat Malaysia MH17 Ditembak Peluru Kendali

Kompas.com - 20/03/2015, 08:42 WIB
KOMPAS.com — Sebuah stasiun TV Belanda menyatakan memiliki bukti baru mengenai pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Ukrainia timur bulan Juli tahun lalu.

Bukti itu mendukung teori bahwa pesawat MH17 ditembak dengan menggunakan peluru kendali BUK yang dikuasai oleh kelompok separatis pro-Rusia.

Untuk mengoperasikan rudal tersebut, dibutuhkan latihan berbulan-bulan oleh tentara profesional, yang mengimplikasikan keterlibatan Rusia dalam insiden tersebut.

Selama ini, Moskwa bersikeras pesawat ditembak jatuh oleh rudal milik tentara Ukraina.

Stasiun TV RTL menyatakan, mereka menggunakan jasa ahli forensik internasional untuk memastikan bahwa serpihan logam yang ditemukan di desa Hrabove, dekat reruntuhan pesawat, cocok dengan peluru kendali darat ke udara BUK.

Menanggapi pernyataan itu, Dewan Keselamatan Belanda—yang kini tengah menyelidiki penyebab kejatuhan pesawat ini—menegaskan bahwa penyelidikan masih terus berlangsung dan berjalan dengan "kecepatan penuh serta berfokus pada banyak sumber, tidak hanya dari pecahan logam itu saja".

Dalam kesimpulan sementara tahun lalu, Dewan ini menyebutkan bahwa pesawat MH17 jatuh karena benturan dengan proyektil berkecepatan tinggi, tetapi tidak menyebutkan secara khusus sumber proyektil itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com