Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Publik Diminta Tak "Selfie" Saat Gerhana Matahari

Kompas.com - 18/03/2015, 03:55 WIB
KOMPAS.com — Publik diminta tidak mengambil foto narsis atau selfie dengan ponsel pintar ketika berlangsung gerhana matahari karena risiko kebutaan, kata para ahli.

Gerhana matahari akan terjadi di Inggris, Jumat (20/3/2015), yang membuat sebagian besar wilayah di Inggris terasa seperti fajar menyingsing karena 98 persen permukaan matahari akan tertutup bulan.

Selain itu, ketika mengambil foto diri, lebih dikenal dengan selfie yang tengah mewabah, para ahli memperkirakan akan ada anggota masyarakat "yang tergoda" untuk mengambil selfie saat terjadi gerhana ini.

Saat gerhana ini, melihat secara sekilas matahari bisa menyebabkan kerusakan mata.

"Bisa sangat berbahaya karena orang bisa saja tergoda untuk melihat matahari ketika mengatur komposisi di layar ponsel," kata Daniel Hardiman-McCartney, seorang dokter mata di Inggris.

"Karena gerhana adalah proses yang berjalan pelan-pelan, bisa jadi orang-orang secara tak sadar akan melihat matahari selama beberapa menit," jelasnya.

Ia menekankan bahwa gambar matahari di layar ponsel tidak berbahaya, yang menjadi kekhawatirannya adalah ketika orang melihat matahari dengan mata telanjang saat mengatur komposisi foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com