Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Selfie" di Depan Mal yang Terbakar, 2 Petugas Damkar Rusia Dipecat

Kompas.com - 17/03/2015, 18:07 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Dua orang petugas pemadam kebakaran di kota Kazan, Rusia terancam kehilangan pekerjaan setelah ketahuan melakukan "selfie" di depan sebuah pusat perbelanjaan yang tengah terbakar.

Ilya Bykov (30) dan Rostislav Krylov (30), dipanggil untuk bertugas memadamkan kebakaran yang menimpa pusat perbelanjaan Admiral Center di kota Kazan, pekan lalu.

Kebakaran itu ternyata sangat dahsyat karena selain menewaskan 17 orang, sebanyak 55 orang termasuk dua orang petugas pemadam kebakaran terluka cukup serius.

Tak disangka di tengah kebakaran hebat itu, Ilya dan Rostislav sempat mengabadikan foto diri mereka sebelum bertugas. Ulah keduanya tak diketahui pemerintah hingga foto mereka muncul di situs media sosial VKontakte, semaca Facebook versi Rusia.

Foto keduanya mengundang perhatian pengguna VKontakte yang kemudian menghujani keduanya dengan kritikan pedas.

"Ya Tuhan! Di saat orang-orang sekarat di dalam sana, kedua orang ini malah tersenyum dan berfoto! Mereka di sana untuk menyelamatkan orang!" kata Yegor Tokaryev, salah seorang pengguna VKontakte.

"Saya merasa muak memikirkan nasib orang-orang yang tewas terbakar sementara kedua orang ini menganggap semuanya sebagai lelucon. Sungguh memalukan," kata Svetlana Kapustina.

Ulah kedua orang ini akhirnya sampai ke telinga pemerintah setempat. Juru bicara Departemen Situasi Darurat Regional merasa perlu menyampaikan pendapat institusinya terkait ulah kedua anggota pemadam kebakaran tersebut.

"Sebagian besar anggota tim situasi darurat yang berada di lokasi bencana bekerja secara kompeten dan efisien. Kedua orang ini tak menunjukkan karakteristik mereka yang setiap hari bekerja keras menyelamatkan nyawa," kata sang juru bicara.

"Kami akan memeriksa situasi di balik foto ini dan jika ditemukan bahwa ulah kedua orang itu membahayakan nyawa orang lain, maka mereka akan dipecat dan tuduhan melakukan tindak kriminal akan dijeratkan kepada mereka," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com