Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netanyahu: Negara Palestina Tidak Akan Berdiri

Kompas.com - 17/03/2015, 08:26 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, negara Palestina tidak akan berdiri selama dia berkuasa.

Hal tersebut disampaikannya semalam menjelang pemilihan umum di negara itu, Selasa (17/3/2015), yang tampaknya merupakan upaya menarik dukungan dari para pemilih beraliran politik keras.

Jajak pendapat masih memperlihatkan bahwa sebagian pemilih belum menentukan sikapnya dan para pengamat memperkirakan pemilu kali ini merupakan yang terketat selama ini.

Partai Likud, pimpinan Netanyahu, berdasarkan jajak pendapat terakhir berada di belakang aliansi oposisi Persatuan Zionis.

Salah seorang pemimpin aliansi tersebut, Yitzhak Herzog, mengatakan, dia akan mempersatukan Israel setelah masa perpecahan yang panjang.

Herzog juga menjanjikan untuk menghidupkan kembali upaya perdamaian dengan Palestina, memulihkan hubungan dengan Amerika Serikat, dan memperkecil jurang di antara masyarakat yang kaya dan miskin.

Pemilihan umum kali ini sekaligus akan menjadi semacam referendum atas kebijakan-kebijakan Benjamin Netanyahu, yang menjabat sebagai perdana menteri selama enam tahun belakangan.

Dalam wawancara video dengan situs NRG NEWS, Netanyahu mengatakan bahwa memberikan wilayah pendudukan kepada Palestina jelas akan menjadi jalan bagi ekstremis Islam untuk menyerang Israel.

Ketika ditanya apakah hal tersebut berarti negara Palestina tidak akan terbentuk jika dia terpilih, Netanyahu menjawab, "Benar."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com