Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Internet Gratis Pertama Dibuka di Kuba

Kompas.com - 17/03/2015, 03:39 WIB

KOMPAS.com - Badan telekom negara Kuba Etecsa telah mengizinkan seniman Kcho untuk membuka pusat WiFi gratis untuk umum pertama di pusat budayanya.

Kcho -yang memiliki hubungan erat dengan pemerintah Kuba- mengoperasikan pusat itu menggunakan koneksi internet miliknya sendiri yang sudah diizinkan pemerintah dan membayar sekitar 900 dollar AS (Rp 11 juta) per bulan untuk memberikan layanan ini.

Diperkirakan hanya sekitar 5 persen sampai 25 persen warga Kuba memiliki layanan internet dalam jenis apa pun karena karena akses internet yang masih sangat mahal.

Sebagai contoh, satu jam akses ke internet di sebuah kafe bisa mencapai 4,50 dollar AS (Rp 59.507) atau setara dengan hampir satu minggu gaji bagi sebagian besar warga Kuba.

Kcho mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa ia ingin menawarkan internet gratis di pusat budayanya, yang dibuka di Havana barat pada bulan Januari, untuk mendorong warga Kuba mengenal internet.

Seniman pematung itu mungkin merupakan satu-satunya seniman yang diizinkan pemerintah untuk memasok layanan wi-fi untuk umum.

Terakhir kali Fidel Castro muncul di hadapan umum adalah dalam sebuah pameran yang diadakan oleh seniman kontemporer ini.

Banyak analis di Kuba memandang hal ini sebagai langkah kecil yang berpotensi besar.

Yang pasti, akses iternet seperti itu tidak akan mungkin jika tidak ada persetujuan dari pemerintah, yang mungkin menggunakan prakarsa Kcho ini untuk menguji perlu tidaknya adanya akses internet yang lebih besar di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com