Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani China Sukses Ciptakan Robot Transformer dari Rongsokan Mobil

Kompas.com - 16/03/2015, 22:59 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Kreativitas memang tak mengenal batas dan status. Seorang petani asal provinsi Hunan, China bersama putranya berhasil membuat replika robot Transformer dari barang-barang rongsokan di sekitar mereka.

Tak hanya membuat, mereka menjadikan robot-robot sebagai mata pencaharian setelah menjualnya dan berhasil meraup uang setidaknya 1 juta yuan atau setara dengan Rp 2 miliar setahun.

Saat film Transformer menjadi sangat populer di China, dengan seri terakhirnya menjadi film paling laris di negeri Tirai Bambu, petani dari desa Zhangmu, provinsi Henan, Yu Zhilin melihat sebuah peluang bisnis.

Yu Zhilin yang memiliki latar belakang sebagai seorang seniman, kemudian menggunakan sebuah bangunan pabrik yang sudah tak dipakai sebagai studionya.

Di dalam studio itu Yu menggunakan sisa-sisa suku cadang mobil ditambah gambar-gambar robot Transformer yang diunduhnya dari internet mulai membangun robot-robot tersebut dibantu putranya.

Pada awalnya, Yu mengaku sangat sulit membuat replika robot Transformer tersebut hingga dia butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan satu model saja. Namun, dengan pengalaman ditambah bantuan putranya, Yu semakin mahir menciptakan model robot Transformers.

Nama Yu kemudian terkenal sebagai pembuat robot Transformers di provinsi Hunan. Kabar itu kemudian menarik banyak pengunjung ke desanya dan ujungnya mengalirkan uang ke kantung pria tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com