Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Muslim Sydney Dirikan Stasiun TV Islam

Kompas.com - 16/03/2015, 21:17 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Merasa media mainstream Australia kerap salah mengartikan dan keliru memahami Islam, sejumlah warga muslim Sydney dengan modal 1juta dolar mendirikan sebuah stasiun televisi untuk mengimbangi pemberitaan mengenai Islam di Australia.

Saluran televisi yang dinamai ONEPATH  itu menayangkan program-programnya melalui situs berbagi video Youtube. Semua program televisi ini diproduksi dan diedit di studio mereka yakni One Path Network di Sydney.
 
Stasiun televisi ONEPATH antara lain menampilkan para ulama lokal yang memberikan penjelasan mengenai ajaran Islam dan juga isu-isu aktual.
 
"Sekarang ini komunitas muslim sedang banyak mendapat tekanan, sayangnya media mainstream di Australia terkadang salah mengartikan dan keliru memahami ajaran Islam, oleh karena itu kami di sini hendak memastikan tersebarnya pesan mengenai ajaran Islam yang sesungguhnya dengan jelas," kata Direktur One Path Network, Malaz Majanni.
 
One Path Network juga turut menyiarkan berbagai peristiwa besar termasuk penyanderaan di Cafe Lindt Sydney beberapa waktu lalu."Pendekatan kami hendak memastikan kalau tindakan yang terjadi pada penyanderaan di Cafe Sydney adalah bukan ajaran islam," kata Majanni.
 
"Orang tersebut (Man Haron Monis) dikenal otoritas Australia sebagai kriminal dan dia tidak memiliki hubungan apapun dengan kelompok militan islam; dia bahkan tidak menggunakan bendera yang benar,"
 
Beberapa liputan dari stasiun televisi ini juga sangat menyimpang dengan media mainstream. Misalnya alih-alih memberitakan jumlah pasukan warga Australia yang ikut berperang dengan ISIS, One Path memilih memberitakan mantan Ketua Partai Buruh Northern Teritory, Matthew Gardiner, yang berperang bersama pasukan Kurdi melawan ISIS.
 
"Pendekatan yang kami lakukan adalah hendak memastikan tidak ada target tertentu bagi komunitas Muslim dan hukum berlaku sama untuk seluruh warga Australia," katanya.
 
Tamu yang dihadirkan di studio mereka diantaranya Kepala Unit Kontra Terorisme Kepolisian Federal Australia dan kelompok politik kontroversial Hizb ut-Tahrir.
 
Majanni mengatakan studio ONEPATH didanai sumbangan dari komunitas Muslim dan digawangi oleh sekitar 20 orang relawan.
 
Sejumlah tokoh muslim terkenal termasuk Mufti Australia, Dr Ibrahim Abu Mohamed, dan Professor Mohamad Abdalla dari Universitas Griffith mendukung proyek ini dan tampil dalam video promosi stasiun televisi ini.  Selain itu dukungan juga datang dari beberapa ulama Muslim dari kalangan moderat hingga konservatif. 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com