Digigit Panda, Pria China Dapat Kompensasi Rp 1 Miliar - Kompas.com

Digigit Panda, Pria China Dapat Kompensasi Rp 1 Miliar

Kompas.com - 16/03/2015, 20:07 WIB
Shutterstock Ilustrasi Panda.

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang pria di China barat laut, yang diserang panda liar setelah para petugas berusaha menangkap panda itu, mendapat ganti rugi 80.000 dolar atau lebih dari Rp 1 miliar. Demikian disampaikan pengacara Guan Quanzhi, pria korban gigitan panda, Senin (16/3/2015).

Guan Quanzhi melayangkan tuntutan ganti rugi kepada para pejabat kehutanan dan pengelola hutan lindung setempat setelah seekor panda menggigitnya tahun lalu.

Panda tersebut menggigit Quanzhi di lahan miliknya di Provinsi Gansu setelah panda itu panik karena dikejar para petugas yang akan menangkapnya. Panda itu sendiri berhasil lolos dari kejaran para petugas kehutanan.

Akibat gigitan panda tersebut, Quanzhi harus menjalani operasi selama beberapa jam dan mungkin masih memerlukan operasi lanjutan.

Guan Quanzhi merasa puas dengan pemberian ganti rugi yang akan digunakan untuk menutupi biaya operasinya. Jumlah kompensasi dilaporkan disepakati melalui perundingan yang panjang dan ulet.

Populasi panda liar bertambah hampir 17 persen selama satu dekade terakhir. Berdasarkan data hasil sebuah survei resmi, pada 2013 populasi panda liar tercatat 1.864 ekor.


EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X