Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Impor Buah dan Sayur dari Jalur Gaza

Kompas.com - 13/03/2015, 07:10 WIB

KOMPAS.com - Untuk kali pertama selama hampir delapan tahun terakhir, Israel membeli buah dan sayur dari Gaza setelah pelonggaran blokade.

Impor pertama Israel ini terdiri dari terong dan tomat, seluruhnya hampir 30 ton. Hasil pertanian dari wilayah Gaza dikirim ke Israel pada Kamis (12/3/2015).

Israel telah melonggarkan blokade ekonomi yang diterapkan tidak lama setelah faksi Palestina, Hamas, menguasai wilayah Gaza pada 2007.

Negara itu mendapat tekanan internasional untuk melonggarkan berbagai blokadenya. Israel menegaskan embargo diberlakukan agar Hamas tidak mendapatkan senjata.

Namun, para penentangnya berpendapat blokade sama dengan hukuman kolektif terhadap rakyat Gaza yang miskin.

Sebelum Hamas menguasai wilayah itu, para pedagang di Gaza biasanya mengekspor ratusan ton buah dan sayur ke Israel setiap hari. Kini ekspor ke Israel diharapkan bisa mencapai 1.000 ton per bulan.

Israel dan Hamas terlibat dalam tiga perang sejak 2008, termasuk perang selama 50 hari pertengahan tahun lalu.

Awal bulan ini Israel mengumumkan akan menambah pasokan air ke Gaza yang menghadapi kekurangan air berkepanjangan. Akibat kekurangan itu, air leding tidak bisa diminum langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com