Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Lancarkan Serangan Besar di Perbatasan Suriah-Turki

Kompas.com - 11/03/2015, 18:14 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Kaum militan Negara Islam atau ISIS melancarkan serangan besar, Rabu (11/3/2015), guna mencoba merebut sebuah kota strategis di perbatasan Suriah-Turki. Serangan itu memicu pertempuran sengit dengan milisi Kurdi.

"Milisi ISIS memulai serangan besar terhadap Ras al-Ain, dan mampu mengambil alih sebuah desa di dekatnya," kata kelompok HAM Observatorium Suriah.

Ras al-Ain yang berada di provinsi Hasakeh merupakan lokasi pertempuran besar tahun 2013 sebelum pasukan Kurdi menyingkirkan para pemberontak dan kaum militan yang punya hubungan dengan Al Qaeda dari kota itu. Di kota itu terdapat tempat penyeberangan ke Ceylanpinar di Turki.

Ras al-Ain dan desa-desa sekitarnya berada di bawah kendali Unit-unit Perlindungan Rakyat Kurdi atau YPG, dan pertempuran baru tersebut telah menyebabkan puluhan orang tewas di kedua belah pihak, kata Observatorium yang berbasis di Inggris.

Seorang juru bicara Partai Uni Demokrat atau PYD, sayap politik YPG, mengonfirmasi pertempuran sengit tersebut.

Serangan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah para pejuang Kurdi mengusir ISIS keluar dari kota Kobani di Suriah yang juga berbatasan dengan Turki. Kota itu, yang hancur oleh pertempuran berbulan-bulan dan serangan udara koalisi yang dipimpin AS, menjadi simbol penting perlawanan terhadap kaum militan tersebut. Pasukan Kurdi dan sekutu sejak itu mengambil banyak pedesaan di sekitarnya di utara provinsi Aleppo dan mulai mendesak timur ke provinsi Raqa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com