Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vatikan Diminta Bayar Tebusan Surat Michelangelo yang Hilang

Kompas.com - 09/03/2015, 15:34 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com - Vatikan, Minggu (8/3/2015), mengumumkan telah menerima sebuah tuntutan uang tebusan untuk dua dokumen langka yang ditulis salah seorang seniman zaman Renaisans, Michelangelo.

Kedua dokumen tulisan Michelangelo itu adalah sebagian dari dokumen yang hilang dari arsip Vatikan sekitar 20 tahun lalu.

Juru bicara Vatikan Federico Lombardi mengatakan seorang kardinal yang bertugas di Basilika Santo Petrus belum lama ini ditelepon seseorang yang menawarkan untuk mengembalikan kedua dokumen itu dengan "harga tertentu".

Lombardi, kepada harian Il Messaggero, mengatakan orang tak dikenal yang digambarkan sebagai mantan pegawai di Vatikan meminta uang sebesar 100.000 euro atau sekitar Rp 1,4 miliar untuk kedua dokumen tersebut.

Lebih lanjut Lombardi menambahkan sang kardinal yang dihubungi orang tak dikenal itu "telah menolak" tuntutan uang tebusan tersebut. Hilangnya kedua dokumen itu tidak pernah dipublikasikan hingga jumpa pers itu. "Kepolisian Vatikan kini tengah menyelidiki kasus ini bersama dengan kepolisian Italia," ujar Lombardi.

Salah satu dokumen yang hilang tersebut dalah selembar surat dengan tanda tanga Michelangelo, seniman yang melukis Kapel Sistine dan memahat beberapa patung seperti patung Daud dan Pieta.

Vatikan tidak menjelaskan bentuk dokumen kedua yang hilang itu, meski keduanya lenyap dari departemen arsip Vatikan saat perbaikan basilika. Departemen arsip Vatikan memiliki koleksi dokumen terkait sejarah, rancang bangun dan konstruksi berbagai gereja terbesar di dunia Kristen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com