Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Jerman Dikabarkan Tewas Saat Bertempur Melawan ISIS

Kompas.com - 09/03/2015, 05:50 WIB

KOMPAS.com - Seorang perempuan muda asal Jerman dikabarkan tewas saat berjuang bersama pasukan Kurdi melawan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Informasi ini dirilis kelompok pemantau pada Minggu (8/3/2015).

Dilansir dari AFP, Kepala Pengamat Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rami Abdel Rahman, mengatakan bahwa perempuan berusia 20-an tahun itu "tewas dalam beberapa jam terakhir".

Perempuan Jerman yang belum diketahui namanya itu diduga tewas dalam pertempuran yang terjadi sejak Sabtu di kota yang dikuasai pejuang Kurdi, Tal Tamr, di provinsi Hasakeh.

Dengan demikian WN Jerman itu menjadi warga asing ketiga dari negara barat yang tewas saat berjuang bersama pejuang Kurdi saat melawan ISIS.

Sebelumnya, WN Inggris bernama Konstandinos Erik Scurfield dan WN Australia bernama Ashley Johnston tewas dalam bentrokan di tempat lain di Hasakeh.

Menurut Pengamat Suriah untuk HAM, setidaknya 40 pejuang Kurdi dan anggota ISIS tewas dalam pertempuran di Tal Tamr.

Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pemerintah Jerman mengenai informasi ini. Selain nama, hingga saat ini belum juga diketahui bagaimana perempuan Jerman itu bergabung bersama pasukan Kurdi untuk melawan ISIS.

Perempuan Jerman itu tewas saat dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Saat ini, kekuatan anggoa perempuan yang tergabung dalam pasukan pelindung masyarakat Kurdi dikabarkan mencapai 35 persen. Jumlahnya diperkirakan mencapai 7000 orang dan mendapat pelatihan yang sama layaknya pejuang laki-laki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com