Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Hancurkan Kota Kuno Nimrud dengan Buldoser

Kompas.com - 06/03/2015, 07:03 WIB

MOSUL, KOMPAS.com — Pemerintah Irak mengatakan, kelompok yang menamakan diri Negara Islam, yang dikenal dengan sebutan ISIS, telah memulai menghancurkan kota kuno Assyria, Nimrud. Penghancuran Nimrud dilakukan dengan menggunakan sejumlah buldoser.

Kementerian yang membidangi sejarah dan benda-benda kuno mengatakan, para anggota ISIS menggunakan peralatan berat untuk menghancurkan situs-situs arkeologi, yang dianggap sebagai warisan sejarah kuno yang paling penting di Irak.

Pernyataan ini dimuat di halaman Facebook kementerian tersebut, Kamis (5/3/2015).

Para pejabat di kementerian ini tidak merinci skala kerusakan. Kementerian hanya mengatakan bahwa tindakan ISIS menunjukkan mereka tidak menghargai sama sekali "keinginan dunia" dan "perasaan umat manusia".

Nimrud dikenal sebagai situs arkeologi dari zaman Assyria dan berada di utara Mosul, kota terbesar kedua di Irak, yang terletak di kawasan utara.

Mosul berada di bawah kendali ISIS sejak Juni 2014.

Berita bahwa kota kuno Nimrud dihancurkan muncul hanya sepekan setelah ISIS mengeluarkan video yang memperlihatkan anggota-anggota kelompok militan ini merusak artefak-artefak yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi di satu museum di Mosul.

ISIS mengatakan, benda-benda ini dihancurkan karena menjadi simbol bidah atau penyimpangan terhadap ajaran agama Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com